Yoppy
Mairizon RS
Founder Sahabat Kemenangan
Koor. Umum Perumus Swasembada
Daging Nasional (ISMAPETI)
Mhs.Pembangunan dan Bisnis
Peternakan Universitas Andalas
--Desember
2014--
Peternakan
semakin hari semakin menunjukkan taringnya, seiring dengan peningkatan konsumsi
dan permintaan peternakan. Hal ini menjadi peluang tersendiri bagi pelaku
bidang peternakan terutama bidang usaha/bisnis peternakan. Dalam keseharian bidang peternakan sering di
pandang sebagai usaha yang yang penuh resiko dan rumit. Hal ini memang tidak
dapat di salahkan mengingat usaha di bidang
peternakan membutuhkan mothering skill atau keampuan untuk menjadi seorang ibu
dari hewan yang di ternakkan. Kemudian lebih lajut, peternakan memiliki kelemahan
yaitu reiko kematian yang seringkali menghantui para peternak. Begitu juga
dengan industry pengolahan hasil peternakan yang harus bersaing dengan industry
pengolahan lain.
Untuk
meningkatkan pelaku bisnis di bidang peternakan pemerintah maupun pihak swasta
sudah melakukan berbagai hal termasuk mengadakan program sarjana pendamping
atau Sarjana Membangun Desa yang menjadi motor penggerak di peternakan daerah,
selain itu pengucuran dana kredit atau bantuan lain yang gunanya untuk
meningkatkan produksi dan perekonomian dari sector usaha peternakan. Banyak
hasil penelitian dan pendapat yang mengatakan kegagalan terjadi karena sector
manajemen, sector individu penerima bantuan atau bahkan tidak jelei dalam
tatalaksana. Itu semua sangat benar namun satu hal ketka semua system dalam
input, proses dalam bidang usaha peternakan sudah sempurna maka ada output dan
penunjang yang menjadi faktor penentu keberhasilan usaha.
Faktor
pemasaran yang sasarannya dalah konsumen atau masyarakat. Faktor ini teramat
pentng untuk kita bahas karena menjadi perimbangan untuk segalahal dalam input
dan proses suatu usaha. Setiap usaha tentu memiliki sasaran untuk konsumen yang
terkadang susah ditebak apa yang mereka butuhkan sekarang, dan kedepannya. Oleh
karena itu bisa di katakana konsumen merupakan bagian yang pusat
dalam suatu system pemasaran. Suatu
keharusan dan kepentingan bagi pelaku bisnis dibidang peternakan untk mengkaji
apa yang di butuhkan atau diingnkan konsumen. Selain itu, saat ini persaiangan antar usaha sangat ketat
terbukti dengan banyaknya produk yang beredar ketimbang permintaan konsumen.
Banyaknya produk yang beredar ini perlu
menjadi catatan pentng bag pelaku usaha/bisnis karena ini akan menimbulkan
ancaman kaena bisa saja produk tidak terjual atau tidak dikonsumsi.
Sudah
menjadi keharusan bagi pelaku bisnis untuk mempelajri perilaku konsumen dan
perilaku konsumsi, karena dua hal ini adalah titik penentu jalannya suatu usaha
pasca produksi. Perilaku konsumen sangat erat kaitannya dengan keputusan yang
diambil oleh manajer dan membantu legislator dan regulator dalam menciptakan
hokum dan peraturan yang berkaitan dengan pembelian dan penjualan barang dan
jasa. Dilandasi oleh sejumlah hal di ataslah sebgai pelaku usaha terutama yang
berkaitan dengan bidang peternakan kita harus mempelajari perilaku konsumen
atau perilaku masyarakat yang akan menjadi pasar. (*)
DIMUAT OLEH : http://www.acehxpress.com
0 comments:
Post a Comment
Anda ingin menjadi Bahagian dari Perubahan??? login ke Sahabat Kemenangan di bagian atas webblog ini.